OK. Video FLESH melihat daging sebagai metafora dari entitas biologis tubuh manusia yang berubah menjadi entitas digital (citraan, suara, teks) melalui perkembangan teknologi audiovisual. Ia juga merepresentasikan video yang semakin memperlihatkan sifat-sifat organik: tumbuh dan berkembang di dalam ruang virtual yang melampaui batas spasial dan temporal, bertransformasi ke dalam berbagai medium, dan terus-menerus bereproduksi karena sifatnya yang viral. Fenomena ini terus dirayakan oleh masyarakat dalam beberapa tahun terakhir melalui perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Festival ini mengajak siapapun untuk sama-sama merefleksikan berbagai pertanyaan: sejauh mana video dalam sifatnya yang organik bersinggungan dengan aspek sosial, politik, dan budaya kontemporer? Apakah masyarakat sedang betul-betul merayakan demokrasi atau sekadar ilusi virtual?, bagaimana persilangan antara yang privat dan yang publik terus bergerak dan berkembang?, bagaimana sistem sosial dan kekuasaan berhadapan dengan perubahan?, konsekuensi apa yang kemudian terjadi dalam kaitannya dengan isu sejarah, tradisi, agama, budaya urban dan rural, budaya populer, media massa, seksualitas, identitas, bahkan kekerasan? OK. Video menempatkan fenomena tersebut sebagai kemungkinan yang hadir untuk dirayakan, dibaca, dan dimaknai secara kritis.

OK. Video Festival fokus pada karya-karya non-naratif dan terbuka bagi rekonstruksi, manipulasi rekaman, juga berbagai eksperimen bahasa audiovisual. Kami menerima karya video dengan berbagai pendekatan. Tiga karya terbaik akan mendapat penghargaan khusus dan diumumkan pada pembukaan OK. Video 2011 di Galeri Nasional Indonesia.

Kami menerima karya video dalam format: DVD (hardcopy) & data lunak (softcopy melalui tautan video untuk diunduh) / Durasi 3 – 15 menit / Produksi 2009 – 2011 / Batas waktu pengiriman 31 Agustus 2011 / Pendaftaran karya gratis / Kunjungi: www.okvideofestival.org untuk mengunduh formulir pendaftaran

Berikut ini adalah alamat ruangrupa jika anda memilih mengirimkan karya video anda dalam format DVD (hardcopy):

ruangrupa

Jl. Tebet Timur Dalam Raya No. 6

Jakarta Selatan, 12820, Indonesia

T/F: +62 21 8304220

www.ruangrupa.org email: info@okvideofestival.org

OK. Video – Jakarta International Video Festival adalah festival seni video internasional pertama di Indonesia yang telah diselenggarakan sejak 2003 oleh ruangrupa, sebuah organisasi seni rupa kontemporer di Jakarta.

OK. Video membuka ruang bagi karya-karya yang membahas fenomena sosial dan budaya di Indonesia dan mancanegara dalam format festival dengan tema spesifik.

Dukung OK Video: bantu sebarkan materi ini dengan menampilkannya pada situs, blog, facebook, twitter atau akun sosial lainnya.